Batch July • premium

UI/UX Designer

Luarsekolah • Terakhir pendaftaran 31 Jul 2024

 

Kuota untuk 10 peserta

Daftar Magang Sekarang
Tentang Program

Jangan lewatkan pengalaman mengerjakan real-case dan berkesempatan direkrut berdasarkan hasil pekerjaanmu!

Dalam program ini, peserta akan diberikan kesempatan untuk mengasah kemampuan dalam bidang UI/X Design melalui real project seperti: membuat wireframe; melakukan analisis kompetitor; eksplorasi aplikasi Figma; dan masih banyak lagi. Selain itu, peserta juga akan berkolaborasi secara intensif dalam sebuah proyek rencana pengembangan web melalui kerja sama dengan tim lain. Tujuan akhir dari proyek ini untuk membekali peserta dengan keterampilan praktis yang dibutuhkan untuk menghasilkan desain produk yang intuitif, fungsional, dan menarik secara visual.

folder

Informasi Proyek

Pada program ini, teman-teman akan mengerjakan proyek yang telah disediakan oleh Luarsekolah. Setiap proyek memiliki temanya tersendiri, sehingga teman-teman cukup memilih satu proyek saja yang ingin dikerjakan. Beberapa gambaran umum mengenai proyek tersebut diantaranya:

Kamu sebaiknya memiliki

  1. Memiliki pengetahuan riset secara kualitatif dan kuantitatif
  2. Memahami arsitektur suatu program
  3. Menguasai Wireframe
  4. Mengerti pembuatan Prototype
  5. Dapat mengoperasikan Figma
  6. Mengetahui dasar CSS, HTML dan JS
  7. Mengetahui proses Usability Testing
  8. Menguasai Design Thinking dalam UI/UX dengan optimal
  9. Komunikatif, adaptif dan inisiatif yang tinggi
  10. Mampu berkolaborasi dalam kerja tim
  11. Komitmen untuk mematuhi peraturan perusahaan

Kamu akan melakukan

  1. Merancang solusi desain yang berpusat pada pengguna dalam konteks proyek nyata
  2. Menerapkan metodologi desain yang telah dipelajari untuk mengidentifikasi masalah dan menciptakan solusi inovatif
  3. Bekerja sama dengan anggota tim lainnya, termasuk pengembang, manajer proyek, dan stakeholder, untuk memastikan desain yang dihasilkan sesuai dengan tujuan proyek
  4. Melakukan koordinasi tugas dan tanggung jawab desain dengan anggota tim lain untuk memastikan kesinambungan dan efisiensi kerja
  5. Mengembangkan dan mempraktikkan kemampuan komunikasi yang efektif untuk berdiskusi, memberi presentasi, dan berkolaborasi dengan tim dan stakeholder
  6. Memberikan dan menerima feedback dengan cara yang konstruktif untuk iterasi desain
  7. Mengelola jadwal desain dan milestone dalam proyek, memastikan pengiriman desain tepat waktu dan sesuai dengan spesifikasi proyek
  8. Menggunakan alat manajemen proyek untuk memantau kemajuan desain dan memfasilitasi komunikasi tim
  9. Melakukan testing dan evaluasi desain dengan pengguna untuk memastikan kebutuhan pengguna terpenuhi
  10. Menganalisis hasil testing untuk melakukan revamp atau perbaikan desain yang diperlukan

Silabus

1. Design Thinking & Design Framework

  • Prinsip Pembuatan Desain
  • Fase dalam Design Thinking

2. Explorasi Tools Figma

  • Keunggulan Figma
  • Figma Desktop vs Figma Web
  • Navigasi Utama di Figma
  • Design Tools Figma

3. Pembuatan Ide Fitur (Wireframe)

  • Identifikasi User Target
  • Identifikasi Tujuan Produk
  • Brainstorming Ide Fitur

4. Analisa Kompetitor dan User Pain Point

  • Identifikasi Peluang
  • Mengenal Standar Industri Desain
  • Cara Meningkatkan Inovasi
  • Apa itu User Pain Point?
  • Kategorisasi User Pain Points

5. Breakdown Design Thinking dan Riset Fitur Produk Perusahaan

  • Implementasi Fase Design Thinking dalam Design UI/UX
  • Tujuan Riset Fitur Produk
  • Product-Market Fit
  • Lean Product Development

6. Problem Solving, User Journey & User Flow

  • Mengenal User Journey dan User Flow
  • User Journey Map in Figma
  • User Flow Diagram
  • Case Study: Revamping Product and Design System

7. Explore Figma dan Penggunaan Auto Layout

  • Components
  • Variants
  • Components Set
  • Mengenal Auto Layout
  • Menambahkan Auto Layout
  • Properti Auto Layout

8. Penggunaan Usability Testing Revamp & Redesign Produk Perusahaan

  • Pentingnya Usability Testing
  • Tahapan Usability Testing
  • Usability Testing Tools

9. Collaboration Project

Setiap tugas harus diupload agar tim Luarsekolah bisa melakukan pengecekan dan memberikan penilaian.

Hubungi Kami