Batch July • premium

UI/UX Designer

Luarsekolah • Terakhir pendaftaran 31 Jul 2024

 

Kuota untuk 10 peserta

Daftar Magang Sekarang
Tentang Program

Jangan lewatkan pengalaman mengerjakan real-case dan berkesempatan direkrut berdasarkan hasil pekerjaanmu!

Dalam program ini, peserta akan diberikan kesempatan untuk mengasah kemampuan dalam bidang UI/X Design melalui real project seperti: membuat wireframe; melakukan analisis kompetitor; eksplorasi aplikasi Figma; dan masih banyak lagi. Selain itu, peserta juga akan berkolaborasi secara intensif dalam sebuah proyek rencana pengembangan web melalui kerja sama dengan tim lain. Tujuan akhir dari proyek ini untuk membekali peserta dengan keterampilan praktis yang dibutuhkan untuk menghasilkan desain produk yang intuitif, fungsional, dan menarik secara visual.

folder

Informasi Proyek

Pada program ini, teman-teman akan mengerjakan proyek yang telah disediakan oleh Luarsekolah. Setiap proyek memiliki temanya tersendiri, sehingga teman-teman cukup memilih satu proyek saja yang ingin dikerjakan. Beberapa gambaran umum mengenai proyek tersebut diantaranya:

Kamu sebaiknya memiliki

  1. Memiliki pengetahuan riset secara kualitatif dan kuantitatif
  2. Memahami arsitektur suatu program
  3. Menguasai Wireframe
  4. Mengerti pembuatan Prototype
  5. Dapat mengoperasikan Figma
  6. Mengetahui dasar CSS, HTML dan JS
  7. Mengetahui proses Usability Testing
  8. Menguasai Design Thinking dalam UI/UX dengan optimal
  9. Komunikatif, adaptif dan inisiatif yang tinggi
  10. Mampu berkolaborasi dalam kerja tim
  11. Komitmen untuk mematuhi peraturan perusahaan

Kamu akan melakukan

  1. Menggunakan metode Design Thinking dalam semua fase riset dan pengembangan fitur produk
  2. Melakukan brainstorming dan ideation untuk mengidentifikasi solusi kreatif dan inovatif yang memenuhi kebutuhan pengguna
  3. Mengembangkan pemahaman mendalam tentang user journey & flow untuk mengidentifikasi titik-titik pain dan peluang perbaikan dalam pengalaman pengguna
  4. Membuat visualisasi user journey & flow yang memudahkan tim untuk memahami dan menanggapi kebutuhan pengguna
  5. Meningkatkan keterampilan dalam menggunakan Figma untuk desain antarmuka pengguna dan prototyping
  6. Menerapkan teknik desain lanjutan di Figma untuk menciptakan solusi desain yang efisien dan menarik
  7. Merencanakan dan melaksanakan usability testing untuk mengumpulkan feedback pengguna tentang fitur produk yang ada atau yang baru dirancang
  8. Menganalisis hasil testing untuk mengidentifikasi masalah usability dan merumuskan rekomendasi perbaikan
  9. Menggunakan insight dari riset, user journey analysis, dan hasil usability testing untuk merencanakan revamp atau redesign produk
  10. Menerapkan perubahan desain yang diinformasikan oleh data dan feedback pengguna untuk meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan

Silabus

1. Design Thinking & Design Framework

  • Prinsip Pembuatan Desain
  • Fase dalam Design Thinking

2. Explorasi Tools Figma

  • Keunggulan Figma
  • Figma Desktop vs Figma Web
  • Navigasi Utama di Figma
  • Design Tools Figma

3. Pembuatan Ide Fitur (Wireframe)

  • Identifikasi User Target
  • Identifikasi Tujuan Produk
  • Brainstorming Ide Fitur

4. Analisa Kompetitor dan User Pain Point

  • Identifikasi Peluang
  • Mengenal Standar Industri Desain
  • Cara Meningkatkan Inovasi
  • Apa itu User Pain Point?
  • Kategorisasi User Pain Points

5. Breakdown Design Thinking dan Riset Fitur Produk Perusahaan

  • Implementasi Fase Design Thinking dalam Design UI/UX
  • Tujuan Riset Fitur Produk
  • Product-Market Fit
  • Lean Product Development

6. Problem Solving, User Journey & User Flow

  • Mengenal User Journey dan User Flow
  • User Journey Map in Figma
  • User Flow Diagram
  • Case Study: Revamping Product and Design System

7. Explore Figma dan Penggunaan Auto Layout

  • Components
  • Variants
  • Components Set
  • Mengenal Auto Layout
  • Menambahkan Auto Layout
  • Properti Auto Layout

8. Penggunaan Usability Testing Revamp & Redesign Produk Perusahaan

  • Pentingnya Usability Testing
  • Tahapan Usability Testing
  • Usability Testing Tools

Setiap tugas harus diupload agar tim Luarsekolah bisa melakukan pengecekan dan memberikan penilaian.

Hubungi Kami